informasiobat.com

AMITRIPTILIN

NAMA GENERIK
Amitriptilin

NAMA KIMIA
Amitriptilina

STRUKTUR KIMIA
C20H23N

KETERANGAN
pH larutan air 1% antara 5-6.

SIFAT FISIKOKIMIA
Amitriptilin HCl adalah serbuk putih tidak berasa. Kelarutan dalam air, alkohol mudah.

SUB KELAS TERAPI
Psikofarmaka

NAMA DAGANG
Mutabon M; Mutabon D Kombinasi Dengan Pherpenazin

INDIKASI
Sebagai antidepresi, enurisis nokturnal pada anak yang tidak mengalami kelainan organik, gangguan kecemasan (ansietas), bulimia nervosa.

FARMAKOLOGI
Menghambat reuptake serotonin dan norepinefrin di presinaps membran sel sehingga terjadi peningkatan konsentrasi serotonin dan atau norepinefrin di susunan saraf pusat.;Onset kerja : ;Pencegahan migrain : 6 minggu, dosis lebih tinggi dibutuhkan untuk perokok karena terjadi peningkatan metabolisme. ;Depresi : 4-6 minggu, turunkan dosis ke tingkat efektif terendah. ;Distribusi : lewat plasenta, masuk ke ASI. ;Metabolisme : hati menjadi metabolit aktif (nortriptilin), hidroksilasi dan konjugasi mungkin gagal terjadi pada orang tua.;T eliminasi : ;Dewasa : 9-27 jam, rata-rata 15 jam.;T maks : sekitar 4 jam. ;Ekskresi lewat urin (18% dalam bentuk utuh), melalui feses dalam jumlah kecil.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan ditempat yang terhindar dari cahaya.

KONTRA INDIKASI
Hipersensitif terhadap amitriptilin atau komponen sediaan lainnya, sensitifitas silang mungkin terjadi dengan trisiklik lainnya; penggunaan inhibitor MAO selama 14 hari; Fase pemulihan infark miokard, pemberian bersama cisaprid.

EFEK SAMPING
Efek samping lain (1-10% pasien) : bengkak, CHF, hipertensi, takikardi, aritmia, hypotensi, miocardial infark, demam, infeksi,sepsis, perubahan berat badan, asma, sindrom seperti flu,hipergikemi, hipoglikemi, pneumonia, depresi pernafasan.

INTERAKSI OBAT
Meningkatkan efek amfetamin, antikolinergik, sedativ, hipnotik, etanol, karbamazepin, tolazolamid, klorpropamid, warfarin. Bila digunakan dengan inhibitor MAO : hiperpireksia, hipertensi, takikardia, bingung, kejang, kematian (sindroma serotonin).;Dengan ritonafir : juga dapat terjadi (jarang) sindroma serotonin. ;Efek amitriptilin meningkat oleh klorpromazin, delavirdin, fluoksetin, mikonazol, paroksetin, pergolid, kuinidin, kuinin, ritonavir, dan penghambat CYP2D6 lainnya. ;Amitriptilin menghambat respons antihipertensif betanidin, clonidin, debrisoquin, guanetidin, guanabenz, guanfacine.

PENGARUH HASIL LAB
Dapat memberikan hasil positif palsu pada tes imunoesay imipiramin

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko : C ;Menimbulkan efek teratogenik pada hewan. Menembus plasenta; efek SSP, deformitas kaki, hambatan perkembangan.

PENGARUH MENYUSUI
Masuk ke ASI, tidak direkomendasikan.

PARAMETER MONITORING
Tekanan darah, denyut nadi, sebelum dan selama terapi awal, evaluasi status mental, berat badan, EKG pada orangtua dan penderita penyakit jantung.

BENTUK SEDIAAN
Tablet Sebagai HCl 10 mg, 25 mg, 50 mg, 75 mg, 100 mg, 150 mg

PERINGATAN
Hati-hati untuk pengemudi atau operator mesin karena sering menyebabkan mengantuk. Efek sedasi mungkin bertambah dengan penggunaan antidepresan lain/etanol. ;Psikosis mungkin memburuk pada beberapa pasien atau menimbulkan mania atau hipomania pada pasien penyakit bipolar. Mungkin menimbulkan hiponatremia. Harus dihentikan sebelum operasi elektif. ;Terapi jangan dihentikan tiba-tiba untuk pengguna jangka panjang. Dapat menimbulkan hipotensi ortostatik sehingga hati-hati untuk pasien hipotensi sementara atau yang beresiko menderita hipotensi. ;Hati-hati pada penderita retensi urin, hiperplasia prostat, glakoma sudut sempit, xerostamia, gangguan visual, konstipasi, atau obstruksi saluran cerna, karena efek antikolinergik amitriptilin. ;Hati-hati pada penderita diabetes karena mengubah glukosa kontrol. Kemungkinan bunuh diri pada penderita depresi berat, hati-hati pada pasien resiko tinggi di awal penggunaan, monitor pasien. Tidak dianjurkan untuk anak kecil<12 tahun. ;Hati-hati pada pasien dengan riwayat penyakit karidiovaskuler, dengan riwayat kejang, dengan hipertiroid dan dengan disfungsi ginjal dan hati serta pasien tua.

INFORMASI PASIEN
Obat ini untuk menyembuhkan depresi mental. Katakan ke dokter bila pernah alergi dengan obat ini atau dengan obat atau makanan lain. Gunakan obat sesuai anjuran dokter. ;Kadang obat ini harus digunakan beberapa minggu sebelum merasa enak. Bila lupa meminum obat ini yang aturan pakainya satu tablet pada malam hari, jangan meminumnya pagi hari kecuali setelah berkonsultasi dengan dokter. ;Bila digunakan lebih dari satu dosis/tablet per hari, segera minum obat bila lupa, tetapi bila sudah dekat dengan waktu minum kedua, tinggalkan dosis pertama dan mulai dengan dosis reguler. Simpan obat ini jauh dari jangkauan anak-anak.

MEKANISME AKSI
Menghambat reuptake serotonin dan norepinefrin di presinaps membran sel sehingga terjadi peningkatan konsentrasi serotonin dan atau norepinefrin di susunan saraf pusat