informasiobat.com

INCIDAL OD: HIDUP NYAMAN TANPA GEJALA ALERGI

Kategori Informasi Obat - dipublish oleh Administrator tanggal 08/07/2018 - pengunjung 72

Alergi terjadi karena adanya reaksi atau respon pertahanan tubuh yang menolak atau tidak tahan terhadap zat-zat yang sebenarnya tidak membahayakan. Zat yang menimbulkan alergi disebut dengan Alergen. Alergen masuk ke dalam tubuh akan memicu respon imun yang mengakibatkan terjadinya pelasi histamin dan menimbulkan reaksi alergi seperti urtikaria, rintis alergi, dermatitis atopi dan syok anafilaktik.

Alergen masuk kedalam tubuh melalui 4 cara :

  1. Inhalan (saluran nafas), contoh : tungau debu rumah, kecoa, polen, serpih kulit hewan peliharaan, spora jamur
  2. Ingestan (saluran cerna), contoh: udang, ikan laut, susu, telur, kacang tanah, stroberi, dan obat oral
  3. Injectan (suntikan), contoh : analgesik dan antibiotik
  4. Kontaktan (kontak dengan kulit), contoh: kosmetik, logam, perhiasan dan jam tangan.

Gejala alergi yang sering dijumpai adalah urtikaria / biduran, yaitu kelainan kulit yang ditandai dengan bentol kemerahan dan gatal. gejala lainnya adalah rinitis alergi / pilek alergi, yaitu terjadinya inflamasi pada mukosa hidung karena adanya pelepasan mediator-mediator kimia akibat terpapar oleh alergen.

Pengobatan pada gejala alergi dapat dilakukan dengan cara menghindari faktor pencetus terjadinya alergi, mengunakan obat antihistamin, kortikosteroid, kombinasi anti histamin dan kortikosteroid.

Obat-obat golongan antihistamin yang banyak digunakan saat ini adalah :Cetirizine, Terfenadine, Loratadine, Astemizole, dan Chlorpheniramine.

Incidal ODSalah satu produk cetirizin yang beredar di pasaran adalah Incidal-OD yang diproduksi oleh Bayer, dengan zat aktif Cetirizine dihydrocloride, obat ini dapat menghambat aktivitas histaman secara selektif dengan efek samping sedatif/kantuk yang rendah serta mempunyai efek tambahan sebagai obat anti inflamasi. Obat ini dapat menghambat bentol dan kemerahan kulit selama 24 jam dengan pemberian 1 kali sehari (OD = Once Daily). Pada pemakaian jangka lama, efektivitas Incidal-OD tidak menurun.

Komentar