informasiobat.com

BENZIPENISILIN

NAMA GENERIK
Benzipenisilin

NAMA KIMIA
Asam (2S,5R,6R)-3,3-dimetil-7-okso-6-(2-fenoksiasetamido)-4-tia-1-azobiksol[3,2,0]heptana-2-karboksilat Senyawa dengan NN’-dibenziletilendiamina (2:1) tetrahidrat [41372-02-5] (Anhidrat [1538-09-6])

STRUKTUR KIMIA
C48H56N6O8S2.4H2O

SIFAT FISIKOKIMIA
Potensi benzylphenicilin tidak kurang dari 1090 dan tidak lebih dari 1272 unit benzylphenicilin tiap mg.;Pemeriaan serbuk hablur, putih:tidak berbau.;Sukar larut dalam air, agak sukar larut dalam etanol.

SUB KELAS TERAPI
Anti Infeksi

FARMAKOLOGI
Durasi : 1-4 minggu (dose dependent). Dosis semakin besar akan meningkatkan kadar obat.;Absorpsi I.M: lambat.;T max serum: 12-24 jam.

STABILITAS PENYIMPANAN
Obat disimpan dalam lemari pendingin (2-8°C).Tidak boleh disimpan beku.

KONTRA INDIKASI
Hipersensitif terhadap penisilin atau komponen dalam formulasi obat.

EFEK SAMPING
Tingkat kejadian tidak terdokumentasikan:;SSP : Konfulsi, konfusi, drowsines, myoclonus, demam.;Dermatologi : Ruam.;Endokrin dan metabolit : Ketidak seimbangan elektrolit.;Hematologi : Anemia hemolitik, positif coombs’ test.;Local : Nyeri, tromboflebitis.;Renal : Akut interstisial nephritis.;Lain-lain : Anafilaksis, reaksi hipersensitifitas, jarisch-herxheimer reaction.

INTERAKSI MAKANAN
Makanan dapat menurunkan kadar absorpsi penisilin; dapat menurunkan kadar obat dalam serum plasma.

INTERAKSI OBAT
Probenezid dapat meningkatkan kadar penisilin.;Aminoglikosida kemungkinan berefek sinergi dipercepat dengan penisilin G.;Penisilin kemungkinan mempunyai meningkatkan efek paparan methotreksat selama proses terapi (monitoring).;Menurunkan efek: ;Tetrasiklin kemungkinan dapat menurunkan efektifitas dari penisilin.;Meskipun masih dalam penelitian, efek kontrasepsi oral dapat diturunkan efektifitasnya oleh penisilin.;Meningkatkan efek toksis:

PENGARUH ANAK
Data masih terbatas; hati-hati jika timbul reaksi hipersensitifitas setelah pemberian obat.

PENGARUH HASIL LAB
Kemungkinan berpengaruh pada hasil pengukuran elektrolit dan CBC (cell blood count).

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko : B

PENGARUH MENYUSUI
Dieksresi ke dalam air susu ibu.

PARAMETER MONITORING
Amati jika terjadi tanda – tanda dan keluhan reaksi anaphilaksis pada pemberian dosis awal.

BENTUK SEDIAAN
Injeksi Suspensi i.m 1.2 juta IU/ml, inj i.m 2.4 juta IU/ml

PERINGATAN
Digunakan secara hati – hati pada pasien gagal ginjal (penyesuaian dosis); riwayat kejang atau hipersensitif terhadap beta-laktam lainya

INFORMASI PASIEN
Untuk menghindari timbulnya resistensi, maka sebaiknya benzil penisilin digunakan dalam dosis dan rentang waktu yang telah ditetapkan.;Amati jika ada timbul gejala ESO obat, seperti mual, diare atau respon hipersensitivitas.;Jika masih belum memahami tentang penggunaan obat, harap menghubungi apoteker.;Jika keadaan klinis belum ada perubahan setelah menggunakan obat, maka harap menghubungi dokter.

MEKANISME AKSI
Menghambat sintesis dinding sel bakteri selama terjadinya aktifitas penggandaan diri bakteri, yang akan mengakibatkan kematian dinding sel bakteri dan berefek juga sebagai bakterisidal pada bakteri yang sensitif.

MONITORING
Lamanya penggunaan obat;Menilai kondisi pasien sejak awal hingga akhir penggunaan obat.;Mengamati kemungkinan adanya efek anafilaksis pada pemberian dosis awal.

{BOTTOM}