informasiobat.com

BETAMETASON

NAMA GENERIK
Betametason

NAMA KIMIA
Betamet, Flubenisolon, 9-fluoro-11beta,17,21-trihidraoksi-16 beta-metilpregna-1,4-diena-3,20 dion. Garam Valerat atau dipropionat.

SIFAT FISIKOKIMIA
Serbuk hablur, putih sampai hampir putih, larut dalam air, agak sukar larut dalam aseton, etanol, dioksan, dan metanol. Tidak dapat bercampur dengan alkali, logam berat, metabisulfit.

SUB KELAS TERAPI
Obat Topikal untuk Kulit

FARMAKOLOGI
Betametason dapat diabsorpsi oleh saluran cerna, juga pada pemberian secara lokal. ;Saat digunakan secara lokal, khususnya pada penggunaan transdermal atau pada kerusakan kulit, sejumlah betametason dapat diabsorbsi dan selanjutnya memberikan efek sistemik.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan dalam wadah kedap dan terhindar dari cahaya

KONTRA INDIKASI
Infeksi virus, spt varisela dan vasinia, sirkulasi tak sempurna dengan nyata. Tidak dianjurkan untuk pruritus dan jerawat

EFEK SAMPING
Absorpsi melalui kulit dapat mensupresi adrenal dan sindrom cushing tergantung luas permukaan kulit dan lama pengobatan. ;Pada kulit dapat terjadi peningkatan lebar dan buruknya infeksi yang tidak diobati, penipisan kulit dan perubahan struktur kulit, dermatitis kontak, dermatitis perioral. Timbul jerawat atau memperparah jerawat, depigmentasi sedang dan hipertrikosis.

INTERAKSI OBAT
Tidak aktif dengan karbon aktif, asam salisilat.

PENGARUH ANAK
Anak-anak sering mengalami efek samping.

PENGARUH KEHAMILAN
Dosis tinggi dapat menyebabkan depresi adrenal pada janin

PARAMETER MONITORING
Retensi cairan pada ibu hamil

BENTUK SEDIAAN
Krim 0,1%

PERINGATAN
Penggunaan lebih dari 100 g, o,1 % seminggu dapat mensupresi adrenal. Hanya diberikan dibawah oengawasan spesialis. Penggunaan yang luas dapat menimbulkan efek sistemik.

MEKANISME AKSI
Mengontrol kecepatan sintesis protein, menekan migrasi leukosit polimorfonuklear, fibroblast, mengubah permeabilitas kapiler dan stabilisasi lisosomal pada level selular untuk mencegah atau mengontrol inflamasi.

{BOTTOM}