informasiobat.com

FE SULFAT

NAMA GENERIK
Fe Sulfat

STRUKTUR KIMIA
FeSO4

KETERANGAN
Larutan 5% dalam air mempunyai pH : 3.0 - 4.0

SIFAT FISIKOKIMIA
Serbuk kristal berwarna hijau muda, berfluoresensi di udara, jika teroksidasi oleh lembab akan berubah menjadi warna coklat. ;Larut baik dalam air, sangat larut dalam air mendidih, praktis tidak larut dalam alkohol.

SUB KELAS TERAPI
Obat yang mempengaruhi darah

NAMA DAGANG
Emineton; Ferobion; Ferrocemin; Fumater; Incremin

INDIKASI
Pencegahan dan pengobatan anemia karena kekurangan zat besi.

FARMAKOLOGI
Onset kerja : ;Respon hematologik : pemberian oral ~3-10 hari. ;Efek plasma : retikulositosis : 5-10 hari, hemoglobin meningkat dalam 2-4 minggu. Absorbsi Fe melalui saluran cerna terutama berlangsung melalui duodenum, dan lebih kedistal absorbsi akan lebih berkurang. ;Besi lebih mudah diabsorbsi dalam bentuk fero. Jumlah kebutuhan Fe setiap hari dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti : umur, jenis kelamin, wanita hamil dan menyusui. ;Ekskresi : melalui urin, keringat, mukosa intestinal dan saat haid.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan ditempat yang sejuk, wadah kedap udara

KONTRA INDIKASI
Hipersensitif terhadap senyawa besi atau komponen lain dalam sediaan, hemokromatotis primer, anemia hemolitik, pasien yang mendapat transfusi berulang-ulang.

EFEK SAMPING
Peroral dapat menimbulkan gangguan saluran cerna,seperti : mual, diare, konstipasi, rasa nyeri epigaster. Efek samping ini mungkin dikurangi dengan pengurangan dosis, sediaan diminum waktu atau segera setelah makan (jangan waktu perut kosong)

INTERAKSI MAKANAN
Sereal, serat makanan, teh, kopi, telur dan susu akan menurunkan absorpsi

INTERAKSI OBAT
Penggunaan bersamaan vitamin C > 200 mg per 30 mg Fe akan meningkatkan absorpsi oral Fe. Absorpsi oral Fe dan tetrasiklin akan menurun jika digunakan bersamaan. Absorpsi fluorokuinolon, levodopa, metildopa dan penisilinamin akan menurun ;karena terbentuknya kompleks Fe-kuinolon. Penggunaan bersamaan antasida, bloker H2 atau inhibitor pompa proton akan menurunkan absorpsi. Respon terhadap Fe akan tertunda dengan adanya kloramfenikol.

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor resiko : A

PARAMETER MONITORING
Fe serum, total kapasitas ikatan Fe, jumlah retikulosit dan hemoglobin.

BENTUK SEDIAAN
Tablet Salut Berisi 300 mg Ferro Sulfat

PERINGATAN
Sediaan besi peroral dapat memperberat keadaan tukak lambung Colitis ulseratif menahun, enteritis

INFORMASI PASIEN
Obat ini dapat menyebabkan feses berwarna hitam

MEKANISME AKSI
Sebagai Fe yang ada dalam hemoglobin, myoglobin dan enzim lainnya, memfasilitasi pengangkutan oksigen melalui hemoglobin.