informasiobat.com

FENOKSIMETIL PENISILIN (PENISILIN V)

NAMA GENERIK
Fenoksimetil Penisilin (Penisilin V)

NAMA KIMIA
Asam (2S,5R,6R)-3,3-dimetil-7-okso-6-(2-fenoksiasetamido)-4-tia-1-azobiksol[3,2,0]heptana-2-karboksilat [87-08-1]

STRUKTUR KIMIA
(C16H18N2O5S)2

KETERANGAN
Catatan : 250mg = 400.000 unit.

SIFAT FISIKOKIMIA
Potensi penisilin V tidak kurang dari 1525 dan tidak lebih dari 1780 unit penisilin V tiap mg.;Pemerian serbuk hablur, putih:tidak berbau.;Tidak larut dalam minyak lemak: sangat sukar larut dalam air, mudah larut dalam etanol dan dalam aseton.

SUB KELAS TERAPI
Anti Infeksi

NAMA DAGANG
Penisilin F

INDIKASI
Pengobatan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang sensitif terhadap penicillin meliputi infeksi saluran pernafasan, otitis media, sinusitis, kulit, dan saluran kemih; profilaksis pada demam rheumatoid.

FARMAKOLOGI
Absorbsi : 60% sampai 73%.;Distribusi: masuk kedalam air susu ibu.;Ikatan protein plasma: 80%;T½ eliminasi: 30 menit, dan mengalami perpanjangan pada gagal ginjal.;T max: 0,5-1 jam.;Ekskresi : urin (dalam bentuk utuh dan dalam bentuk metabolit).

STABILITAS PENYIMPANAN
Sediaan tablet dan serbuk oral suspensi: disimpan pada suhu 15-30°C.;Setelah mengalami pencampuran, obat disimpan dalam lemari pendingin (2-8°C), jangan digunakan setelah 14 hari.

KONTRA INDIKASI
Hipersensitif terhadap penisilin atau komponen lain dalam sediaan.

EFEK SAMPING
> 10% : Gastrointestinal: diare sedang, muntah, mual, atau kandidiasis.;< 1% : (Kejadian jarang dan dapat hilang dengan sendirirnya); akut interstisial nephritis; konfusi; anemia hemolitik; positif coombs’ test.

INTERAKSI MAKANAN
Makanan dapat menurunkan kadar absorbsi penisilin; dapat menurunkan kadar obat dalam serum plasma.

INTERAKSI OBAT
Meningkatkan efek toksis: ;Probenezid dapat meningkatkan kadar penisilin.;Aminoglikosida kemungkinan mempunyai efek sinergi dengan penisilin.;Penisilin kemungkinan mempunyai meningkatkan efek paparan metotreksat selama proses terapi (monitoring).;Menurunkan efek: ;Tetrasiklin kemungkinan dapat menurunkan efektifitas dari penisilin.;Meskipun masih dalam penelitian, efek kontrasepsi oral dapat diturunkan efektifitasnya oleh penisilin.

PENGARUH ANAK
Data masih terbatas; hati-hati jika timbul reaksi hipersensitifitas setelah pemberian obat.

PENGARUH HASIL LAB
Pada penggunaan lama : dapat mempengaruhi hasil pengukuran fungsi Ginjal.

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko : B

PENGARUH MENYUSUI
Dieksresi kedalam air susu ibu. Hati-hati jika terjadi reaksi hipersensitifitas pada anak.

PARAMETER MONITORING
Pada penggunaan jangka waktu lama : dilakukan monitoring terhadap :;Fungsi ginjal (ClCr, BUN).;Tanda – tanda kejadian anafilaksis pada pemberian dosis awal.

BENTUK SEDIAAN
Serbuk Oral Suspensi, Tablet

PERINGATAN
Digunakan secara hati – hati pada pasien gagal ginjal (penyesuaian dosis); riwayat kejang atau hipersensitif terhadap sefalosporin.

INFORMASI PASIEN
Untuk menghindari timbuknya resistensi, maka sebaiknya penisilin V digunakan dalam dosis dan rentang waktu yang telah ditetapkan.;Obat digunakan dalam keadaan perut kosong (1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan).;Amati jika ada timbul gejala ESO obat, seperti mual, diare atau respon hipersensitivitas.;Jika masih belum memahami tentang penggunaan obat, harap menghubungi apoteker.;Jika keadaan klinis belum ada perubahan setelah menggunakan obat, maka harap menghubungi dokter.

MEKANISME AKSI
Menghambat sintesis dinding sel bakteri dengan mengikat satu atau lebih pada ikatan penisilin-protein (PBPs – Protein binding penisilin’s), sehingga menyebabkan penghambatan pada tahapan akhir transpeptidase sintesis peptidoglikan dalam ;dinding sel bakteri, akibatnya biosintesis dinding sel terhambat, dan sel bakteri menjadi pecah (lisis).

MONITORING
Lamanya penggunaan obat;Menilai kondisi pasien sejak awal hingga akhir penggunaan obat.;Mengamati kemungkinan adanya efek anafilaksis pada pemberian dosis awal.