informasiobat.com

ISOKSUPRIN

NAMA GENERIK
Isoksuprin

NAMA KIMIA
Isoxsuprina, phenoksiisopropilnorsuprifen

STRUKTUR KIMIA
C18H23NO3

KETERANGAN
pH larutan air 1% antara 4.5-6,0

SIFAT FISIKOKIMIA
Isoksuprin HCl adalah kristal putih tidak berbau. Kelarutan dalam air 1:500, dalam alkohol 1:100.

SUB KELAS TERAPI
Oksitoksik dan Relaksan Uterus

FARMAKOLOGI
Obat ini diabsorbsi baik di saluran cerna. Konsentrasi puncak diplasma tercapai dalam waktu sekitar 1 jam setelah pemberial oral. Waktu paruh di plasma sekitar 1,5 jam dan diekresikan lewat urin terutama dalam bentuk terkonjugasi.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan dalam wadah kedap air.

KONTRA INDIKASI
Pada penderita yang baru mengalami perdarahan arteri, yang baru saja melahirkan dan pada persalinan prematur yg mengalami infeksi.

EFEK SAMPING
Kemerahan kulit yang sementara, hipotensi, takikardia, erupsi kulit, gangguan gastrointestinal. Pada persalinan prematur dilaporkan terjadinya udem pulmonal pada ibu dan takikardia pada janin.

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko : C ;Tidak menimbulkan kelainan fetus manusia. Tetapi pemberian segera setelah persalinan dapat menyebabkan takikardia, rendahnya gula darah, hipotensi dan gangguan saluran cerna pada bayi baru lahir.

PENGARUH MENYUSUI
Tidak diketahui efeknya.

BENTUK SEDIAAN
Tablet Sebagai HCl 10 mg dan 20 mg

INFORMASI PASIEN
Obat ini digunakan untuk masalah aliran darah yang tidak baik atau indikasi lain yang ditetapkan dokter. Katakan pada dokter bila pernah alergi karena obat ini atau obat/makanan lain. ;Katakan pada dokter bila mempunyai masalah dengan kesehatan terutama angina, perdarahan, glaukoma, pengerasan arteri, serangan jantung, stroke, sakit gula, hipertiroid. ;Pusing dapat terjadi terutama bila anda bangun dari posisi tidur atau duduk atau naik tangga. Bangun perlahan. Bila gejala ini terus terjadi dan bertambah parah kembali ke dokter. Hubungi dokter bila terasa nyeri dada atau napas pendek.

MEKANISME AKSI
Isoksuprin adalah vasodilator yang juga merangsang reseptor beta adrenergik. Obat ini menyebabkan relaksasi otot polos pembuluh darah dan uterus. Efek vasodilatornya lebih besar pada arteri di otot rangka daripada arteri di kulit. ;Isoksuprin juga menimbulkan efek intorpik dan kronotropik positif

{BOTTOM}