informasiobat.com

LANSOPRAZOL

NAMA GENERIK
Lansoprazol

NAMA KIMIA
2-({3-Methyl-4-(2,2,2-trifluoroethoxy)-2-pyridyl)methyl} sulphinylbenzimidazole.

STRUKTUR KIMIA
C16H14F3N3O2S

SIFAT FISIKOKIMIA
Serbuk warna putih sampai putih kecoklatan. Praktis tidak larut dalam air, sangat mudah larut dalam dimetil formamide

SUB KELAS TERAPI
Obat Untuk Saluran Cerna

FARMAKOLOGI
Lansoprazol tidak stabil pada pH asam sehingga dibuat dalam bentuk granul salut enterik dengan pelepasan yang tertunda (delayed-release). (2,6);Absorpsi (1,6) : Lansoprazol cepat diabsorpsi di sistemik setelah pemberian per oral, dengan konsentrasi plasma puncak dicapai setelah 1,5 jam. Bioavailabilitas lebih dari 80%, adanya makanan dapat menurunkan absorpsi;Distribusi : volume distribusi (sistemik) 0,5L/kg.1 97% terikat plasma protein. (6);Metabolisme (1) : hepatik.;Ekskresi (1) : sistemik : biliary / fecal : 2/3; ginjal 14-25%, kurang dari 1% dalam bentuk tidak berubah. Waktu paruh eliminasi pada dewasa 1,5 jam, pada geriatrik 1,9-2,9 jam.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan pada suhu tidak lebih dari 40C, dalam wadah tertutup rapat, terlindung dari cahaya.

KONTRA INDIKASI
Hipersensitif terhadap Lansoprazol.

EFEK SAMPING
Efek samping yang umum / paling sering muncul yaitu nyeri abdomen, diare, mual, sakit kepala, kemerahan pada kulit. Efek samping yang lain meliputi gatal, pusing, konstipasi, mual, muntah, kembung, nyeri pada perut / abdomen, mulut kering. ;Efek samping yang serius yaitu retak pada tulang panggul (hip fracture)

INTERAKSI MAKANAN
Adanya makanan dapat menurunkan absorpsinya

INTERAKSI OBAT
Antacid dan sukralfat mengurangi bioavailabilitas Lansoprazol dan sebaiknya tidak diminum dalam waktu 1 jam setelah pemberian Lansoprazol.

PENGARUH ANAK
Keamanan dan efikasi untuk anak-anak di bawah 1 tahun belum ada informasi.

PENGARUH KEHAMILAN
Kategori B. ;Data pada manusia masih terbatas, namun data pada hewan memberikan informasi risiko yang rendah. Meskipun demikian, sebaiknya dihindari selama kehamilan, terutama pada trimester pertama.

PENGARUH MENYUSUI
Tidak tersedia data penggunaan pada manusia, namun berpotensi untuk menimbulkan toksisitas, sehingga sebaiknya dihindari.

PARAMETER MONITORING
Berkurangnya rasa tidak nyaman pada bagian perut / abdomen atau gastroesofageal, perbaikan hasil endoskopik, CBC (Complete Blood Count).

BENTUK SEDIAAN
Kapsul 15 mg, 30 mg, Tablet 15 mg, 30 mg

PERINGATAN
Pada pasien dengan gangguan hati berat, diperlukan pengurangan dosis.

INFORMASI PASIEN
Delayed-release capsules : Kapsul ditelan utuh atau jika kesulitan menelan, keluarkan isi kapsul (granul / pelet jangan dikunyah / digerus) kemudian dispersikan / campurkan dengan jus buah (campuran ini jangan disimpan) ;dan segera minum dengan 1 gelas air dingin. ;Diminum 30 menit sebelum makan, lebih baik di pagi hari.

MEKANISME AKSI
Lansoprazol merupakan penghambat pompa proton yang selektif dan irreversible. Dalam lingkungan asam di sel parietal lambung, Lansoprazol dikonversi menjadi turunan sulfenamid aktif yang terikat dengan gugus sulfhidril dari (H+, K+)-ATPase, ;yang juga dikenal sebagai pompa proton. Hambatan Lansoprazol pada (H+, K+)-ATPase menyebabkan hambatan sekresi asam lambung. Efek penghambatan ini terkait dengan dosis.

{BOTTOM}