informasiobat.com

LARUTAN LUGOL IODIN

NAMA GENERIK
Larutan Lugol Iodin

NAMA KIMIA

STRUKTUR KIMIA
Iodium (I2) dan Kalium Iodida (KI)

SIFAT FISIKOKIMIA
Cairan berwarna coklat, mengandung 5% Iodium (I2) dan 10% Kalium Iodida (KI) dalam air suling. Kandungan Iodium total sebesar 130 mg/mL. Kalium Iodida menurunkan jumlah I2 dalam larutan dengan bereaksi membentuk ion I3-.

SUB KELAS TERAPI
Hormon tiroid dan anti tiroid

KELAS TERAPI
Hormon, obat endokrin lain dan kontraseptik

NAMA DAGANG
Larutan Lugol, Larutan IoodKali, Larutan Markodine

INDIKASI
Larutan Lugol digunakan untuk mengatasi hiperaktivitas kelenjar tiroid, defisiensi iodium, dan untuk melindungi kelenjar tiroid dari efek radiasi iodium radioaktif. Dapat digunakan sebelum atau sesudah pemberian iodium radioaktif, atau setelah terpapar radioaktif secara tidak sengaja (thyroid blocking pada radiation emergency). Sebagai tambahan untuk obat-obat antitiroid pada pasien hipertiroid pada persiapan tiroidektomi dan untuk mengatasi krisis tirotoksik atau tirotoksikosis neonatal. Larutan Lugol kadang-kadang juga digunakan untuk mencukupi kebutuhan Iodium pada keadaan defisiensi Iodium atau hipotiroidism, walaupun untuk hal ini lebih baik digunakan Kalium Iodida murni tanpa kandungan Iodium yang bersifat lebih toksik. Larutan Lugol juga umum digunakan sebagai pereaksi identifikasi pati (amylum) dalam laboratorium rutin atau medis. Misalnya pada colposcopy, Larutan Lugol diaplikasikan pada jaringan vagina dan cervix. Jaringan normal akan berwarna coklat karena kandungan glikogennya yang tinggi, sedangkan jaringan yang diperkirakan sudah berubah menjadi ganas tidak berwarna atau pucat. Uji ini dikenal sebagai Uji Schiller.

DOSIS PEMBERIAN OBAT
Dosis bervariasi bergantung pada keadaan pasien. Hipertiroidism: 3 x sehari 1 mL, diminum paling tidak satu jam setelah mengonsumsi obat antitiroid. Persiapan tiroidektomi: 3 x sehari 2-6 tetes (sekitar 0,1-0,3 mL) selama 10 hari sebelum pembedahan. Biasanya diberikan bersama dengan obat antitiroid. Untuk melindungi kelenjar tiroid dari efek radiasi: 130 mg sekali sehari selama 10 hari, untuk anak berikan separuh dari dosis dewasa. Defisiensi Iodium: 3-4 kali sehari 0,3-1 mL.

FARMAKOLOGI
Iodida sistemik dosis besar bekerja menghambat produksi hormon tiroid dan sekresinya ke dalam darah. Iodium meningkatkan sekresi cairan dari saluran nafas dan menurunkan viskositas mukus.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan dalam wadah kedap udara dan kedap cahaya pada suhu kamar.

KONTRA INDIKASI
Hipersensitif terhadap iodium dan atau iodida, gangguan fungsi ginjal, bronchitis akut, hipertiroidism, iodism, penyakit Addison, dehidrasi akut, kejang karena panas, hiperkalemia, tuberkulosis

EFEK SAMPING
Pada pemakaian jangka panjang dapat menimbulkan rasa terbakar pada mulut dan atau kerongkongan, perih dalam rongga mulut dan geligi, mulut terasa berair, rasa logam di lidah,sakit kepala hebat, linglung, detak jantung tak teratur, kebas dan lemas pada tangan dan kaki, serta gangguan lambung.

INTERAKSI MAKANAN
Tidak ada data

INTERAKSI OBAT
Dengan Lithium (Li) atau obat-obat antitiroid lainnya: sinergisme efek hipotiroid, sehingga dapat menimbulkan hipotiroidism. Dengan senyawa-senyawa amilorida (misalnya Midamor), atau Spironolakton (misalnya Aldactone), atau Triamterene (misalnya Dyrenium), atau diuretika bersifat potassium-sparing: meningkatkan risiko hiperkalemia, aritmia, dan gagal jantung. .

PENGARUH ANAK
Anak-anak lebih rentan terhadap efek berbahaya dari iodida radioaktif dibandingkan orang dewasa. Penggunaan berulang larutan lugol seharusnya dihindari pada neonatus untuk mengurangi risiko hipotiroidisme selama periode kritis perkembangan otak

PENGARUH HASIL LAB
Kalium Iodida dapat mengganggu hasil uji fungsi tiroid

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko D

PENGARUH MENYUSUI
Diekskresikan dalam air susu ibu (ASI). Dapat menyebabkan gangguan kulit (skin rash) dan masalah tiroid pada bayi yang disusui

PARAMETER MONITORING
Tes fungsi tiroid. Tanda/gejala hipotiroidisme, fungsi tiroid harus dimonitor pada wanita hamil, neonatus jika ada pemakaian berulang

BENTUK SEDIAAN
Larutan

PERINGATAN
Tidak ada data

KASUS TEMUAN
Tidak ada data

INFORMASI PASIEN
Konsumsi Larutan Lugol dengan segelas penuh air minum, atau sari buah, atau dapat juga dengan air sup, untuk mengurangi rasa tidak enak dari Larutan Lugol dan mengurangi gangguan lambung (mual, muntah, nyeri lambung, diare, dan lain-lain). Habiskan seluruh dosis yang sudah ditentukan, jangan bersisa. Apabila terjadi rasa tidak enak di lambung setelah mengonsumsi Larutan Lugol, konsumsilah setelah makan atau pada saat makan. Dapat juga dikonsumsi dengan susu, kecuali jika dilarang dokter. Apabila gangguan lambung tetap berlangsung, segera beritahu dokter Apabila Larutan Lugol mengkristal, hangatkan botolnya sebentar (dalam keadaan tertutup) dalam air hangat dan kemudian goyangkan perlahan untuk melarutkan kristalnya.

MEKANISME AKSI
Iodida sistemik dosis besar bekerja menghambat produksi hormon tiroid dan sekresinya ke dalam darah. Iodium meningkatkan sekresi cairan dari saluran nafas dan menurunkan viskositas mukus.

MONITORING
Uji fungsi tiroid, serta gejala dan tanda hipertiroidism