informasiobat.com

LEVAMISOL

NAMA GENERIK
Levamisol

NAMA KIMIA
(S-2,3,5,6-tetrahydro-6 phenylimidazo[2,1-b][1,3]thiazole.

STRUKTUR KIMIA
C11H12N2S

KETERANGAN
Tidak ada data

SIFAT FISIKOKIMIA
Serbuk putih atau hampir putih, polimorfisa. Agak sukar larut dalam air, mudah larut dalam alkohol dan metil alkohol, praktis tidak alrut dalam eter, pH 5 % larutan dalam air adalah 3-4,5.(1)

SUB KELAS TERAPI
Antelmentik

KELAS TERAPI
Antiinfeksi

NAMA DAGANG
Askamex.(2)

INDIKASI
Levamisol efektif untuk ascariasis, levamisol juga digunakan untuk infeksi nematoda parasitik dalam usus manusia ( hookworm).(1)

DOSIS PEMBERIAN OBAT
Dosis levamisol hidroklorida dinyatakan ekivalen dengan jumlah levamisol. Levamisol hidroklorida 1,18g adalah ekivalen denga 1 g levamisol. Dosis lazim dewasa untuk ascariasis adalah 150mg, secara oral dalam dosis tunggal; untuk anak: 3 mg/kg sebagai dosis tunggal. Untuk infeksi hookworm atau gabungan infeksi ascariasis- hookworm untuk dewasa dan anak-anak diberikan 2,5mg/kg sebagai dosis tunggal diulangi setelah 7 hari jika terjadi infeksi hookworm parah.(1)

FARMAKOLOGI
Levamisol diadsorbsi cepat dari saluran cerna. Konsentrasi plasma maksimum adalah 1,5-2jam. Levamisol dimetabolisme di hati, waktu paruh plasma adalah 3-4 jam. Levamisol diekresi di urin sebagai metabolit( 70% dosis dieksresi di urin selama 3 hari, 5% sebagai obat yang tidak berubah) dan sedikit difeses.(1)

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan dalam kemasan kedap udara dan terlindung dari cahaya.(1)

KONTRA INDIKASI
Penggunaan levamisol harus dihindari pada pasien arthritis rematik, pasien gangguan darah dan pasien yang menggunakan fluorourasil.(1)

EFEK SAMPING
Mual, muntah,diare, sakit kepala, reaksi hipersensitif, arthralgia, sakit otot, ruam kulit, insomnia, gangguan hematologi seperti agranulositosis, leukopenia, trombositopenia, gangguan saluran pencernaan termasuk rasa tidak enak di mulut.(1)

INTERAKSI MAKANAN
Tidak ada data

INTERAKSI OBAT
Penggunaan levamisol dengan warfarin menyebabkan inhibisi metabolisme warfarin. Peningkatan konsentrasi fenitoin jika digunakan bersamaan levamisol dan fluorourasil.(1)

PENGARUH ANAK
Tidak ada data

PENGARUH HASIL LAB
Tidak ada data

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko C.(2)

PENGARUH MENYUSUI
Tidak ada data

PARAMETER MONITORING
Tidak ada data

BENTUK SEDIAAN
Tablet

PERINGATAN
Tidak ada data

KASUS TEMUAN
Tidak ada data

INFORMASI PASIEN
Tidak ada data

MEKANISME AKSI
Tidak ada data

MONITORING
Tidak ada data

DAFTAR PUSTAKA
1. Martindale 34th edition, p.107-108 2. MIMS Indonesia 2008 edisi bahasa Indonesia p.342