informasiobat.com

LEVODOPA-KARBIDOPA

NAMA GENERIK
Levodopa-karbidopa

NAMA KIMIA
3-Hydroxy-L-tyrosine

STRUKTUR KIMIA
C9H11NO4

SIFAT FISIKOKIMIA
Serbuk kristal berwarna putih atau agak berwarna krim. Sedikit larut dalam air, larut baik dalam HCl 1 M, larut sebagian dalam 0,1 M HCl, praktis tidak larut dalam alkohol

SUB KELAS TERAPI
Antiparkinson

INDIKASI
Antiparkinson, agonis dopamin.

DOSIS PEMBERIAN OBAT

FARMAKOLOGI
Levodopa adalah merupakan prekursor dopamin dan digunakan untuk pengobatan parkinson. Obat ini dengan mudahnya dapat memasuki sawar darah otak dimana obat ini dirubah menjadi dopamine. Levodopa aktif terhadap hipokinesia dan kekakuan, terhadap tremor umumnya kurang efektif dibanding dengan obat antikolinergika. Levodopa oral 95 % akan mengalami dekarboksilasi perifer. Untuk mencapai kadar efektif dibutuhkan dosis besar yang disertai efek samping perifer. Karbidopa (penghambat dopa dekarboksilase) dalam dosis terapi tidak melintasi sawar darah otak. Dengan mencegah metabolisme levodopa ekstraserebral, jumlah dopamine yang terbentuk dalam otak meningkat.Biasanya perbandingan kombinasi levodopa : karbidopa = 10 : 1. Kombinasi ini meningkatkan masa paruh dan kadar plasma levodopa, pada penggunaan kombinasi dosis levodopa dapat diturunkan sampai 75 % sehingga efek samping perifer menurun.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan dalam wadah kedap udara, terhindar dari cahaya.

KONTRA INDIKASI

EFEK SAMPING

INTERAKSI MAKANAN
Konsentrasi serum puncak levodopa akan menurun jika digunakan bersamaan makanan. Makanan kaya protein (>2 g/kg) menurunkan efikasi levodopa melalui kompetisi dengan asam amino untuk memasuki sawar darah otak.

INTERAKSI OBAT
Fenotiazin dapat menghambat efek antiparkinson levodopa. ;MAO non spesifik : efek terapi levodopa akan menurun dan ada risiko hipertensi maka sebaiknya MAO dihentikan dua minggu sebelum pemberian levodopa. Piridoksin menghambat efek antiparkinson levodopa.;Fenotiazin, butirofenon, alkaloid rauwalfia, benzodiazepin dan papaverin dapat menurunkan efektifitas levodopa

PENGARUH ANAK

PENGARUH HASIL LAB
Reaksi positif palsu untuk tes glukosa urine

PENGARUH KEHAMILAN

PENGARUH MENYUSUI
Distribusi karbidopa dan levodopa ke dalam air susu tidak diketahui, gunakan dengan perhatian.

PARAMETER MONITORING
Tekanan darah, gejala parkinson dan status mental.

BENTUK SEDIAAN
Tablet Levodopa - Karbidopa 100/10 mg; Tablet Levodopa - Karbidopa 250/25 mg

PERINGATAN

KASUS TEMUAN
Warna urin akan berubah menjadi merah,warna feses berubah menjadi hitam, susah tidur, mimpi buruk

INFORMASI PASIEN

MEKANISME AKSI
Parkinson adalah gejala yang ditandai dengan kurangnya dopamin striatal. Leodopa bersirkulasi dalam tubuh menuju sawar darah otak, saat menembus untuk diubah oleh enzim stratial menjadi dopamin.

MONITORING