informasiobat.com

METILDOPA

NAMA GENERIK
Metildopa

NAMA KIMIA
Methyldopa

STRUKTUR KIMIA
C10H13NO4

GB STRUKTUR KIMIA
125

KETERANGAN
Metildopa merupakan obat antihipertensi dengan struktur mirip katekolamin dan prekursornya

SIFAT FISIKOKIMIA
Metildopa berbentuk serbuk halus berwarna putih atau putih kekuningan. Agak sukar larut dalam air; sangat mudah larut dalam asam klorida 3 N; sukar larut dalam etanol; praktis tidak larut dalam eter.

SUB KELAS TERAPI
Obat Kardiovaskuler

NAMA DAGANG
Dopamet; Medopa

INDIKASI
Pengobatan hipertensi sedang hingga berat.

FARMAKOLOGI
Metildopa diberikan secara oral. Sekitar 50% diabsorpsi melalui gastrointestinal, dengan efek antihipertensi maksimal terjadi 4-6 jam setelah pemberian. Kadar plasma tidak berkorelasi dengan efek hipotensifnya.;Metildopa dapat menembus sawar otak dan juga plasenta. Obat ini terdistribusi juga dalam ASI, namun jumlahnya tidak signifikan. ;Durasi antihipertensi 12-24 jam dan eliminasi terjadi bifasik, dengan 95% diekskresikan pada fase awal (T plasma 2 jam), sisanya diekskresi lebih lambat.;Pada gagal ginjal akan memperlambat ekskresi dan meningkatkan T1/2 obat menjadi 4-6 jam. Obat yang tidak terabsorpsi akan diekskresikan melalui feses.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan pada suhu kamar antara 15- 30C. Wadah harus tertutup rapat. Jangan digunakan bila telah melampaui kadaluwarsa.

KONTRA INDIKASI
Metildopa harus digunakan hati-hati pada pasien dengan riwayat gangguan hati. Obat ini kontraindikasi pada pasien dengan penyakit hati yang aktif seperti sirosis atau hepatitis akut.

EFEK SAMPING
Efek samping yang paling sering dilaporkan adalah mengantuk, biasanya terjadi pada 48-72 jam pemberian obat yang pertama dan terapi tetap dapat dilanjutkan. Dosis yang lebih besar akan menambah efek sedasi,;menurunkan kepekaan mental, menurunkan memori, dan mengurangi konsentrasi. Mimpi buruk, vertigo, lemas dan astenia juga pernah dilaporkan, umumnya terjadi pada awal terapi.

INTERAKSI MAKANAN
Obat ini bisa diberikan tanpa terpengaruh oleh adanya makanan.

INTERAKSI OBAT
Suplemen besi dapat berinteraksi dan meningkatkan tekanan darah. Efek/toksisitas obat-obat ini akan meningkat dengan penggunaan bersama metildopa. ;Barbiturat dan anti depresan trisiklik dapat menurunkan respon terhadap metildopa. Penghambat beta, penghambat mono amin oksidase, fenotiazin, dan simpatomimetik: dapat memperberat hipertensi.

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko : B;Obat ini merupakan pilihan obat antihipertensi bagi kehamilan karena terbukti keamanan dan efikasinya terhadap ibu dan janinnya pada semua fase kehamilan. Mayoritas penggunaan pada kehamilan adalah pada trimester ketiga.

PENGARUH MENYUSUI
Metildopa terdistribusi minimal di dalam ASI, jumlahnya tidak signifikan dan pasien tetap dapat terus menyusui bayinya sementara mendapat metildopa.

BENTUK SEDIAAN
Tablet

INFORMASI PASIEN
Jangan menggunakan obat lain selama terapi kecuali atas persetujuan dokter (khususnya obat batuk atau flu,pil diet, obat untuk membuat terjaga). Oral : gunakan sesuai petunjuk.;Jangan mengulang dosis atau berhenti menggunakannya tanpa konsultasi dengan dokter. Ikuti program diet atau olah raga yang direkomendasikan.Tes laboratorium secara berkala diperlukan.;Obat ini dapat mengubah warna urin (normal), mengantuk, sakit kepala,atau gangguan keseimbangan (hati-hati saat mengendarai kendaraan bermotor, melakukan kegiatan lain yang memerlukan kewaspadaan sampai respon obat diketahui),;hipotensi postural (hati-hati saat bangkit dari duduk atau berbaring, menaiki tangga),mulut kering atau mual (hilangkan dengan obat perawatan mulut atau tabletisap). Perubahan status SSP yang dilaporkan(mimpi buruk, depresi, ansietas, peningkatan cemas),;peningkatan berat badan tiba-tiba, bengkak pada sendi, kaki yang berlangsung lama atau ekstremitas, palpitasi atau denyut jantung cepat, rasa lemah yang berlangsung lama, fatigue, pendarahan yang tidak umum dan lain-lain.

MEKANISME AKSI
Setelah melewati sawar otak, metildopa mengalami dekarboksilasi membentuk alpha-methylnorepinephrine.;Metabolit ini akan menstimulasi penghambatan reseptor alpha-adrenergic, sehingga mengurangi resistensi perifer dan menurunkan tekanan darah.

MONITORING
Tekanan darah sewaktu berdiri ataupun berbaring