informasiobat.com

MG SULFAT

NAMA GENERIK
Mg Sulfat

NAMA KIMIA
Cetirizine

STRUKTUR KIMIA
C21H25CiN2O3.2HCl

SIFAT FISIKOKIMIA
Pemerian : hablur, biasanya berbentuk jarum; tidak berwarna; rasa dingin, asin dan pahit. Dalam udara kering dan hangat merekah.;Kelarutan: Mudah larut dalam air; mudah larut secara perlahan dalam gliserin ; sangat mudah larut dalam air mendidih; agak sukar larut dalam etanol

SUB KELAS TERAPI
Antidot dan Obat Lain untuk Keracunan

NAMA DAGANG
Magclon; Magnesium Sulfate Generik; Otsu MgSO4 20

INDIKASI
Keracunan Barium; Menetralkan efek stimulasi otot pada keracunan Barium.

FARMAKOLOGI
Magnesium merupakan kation ke empat terbanyak dalam tubuh dan penting dalam fungsi kerja enzim, termasuk yang terkait dalam proses pentransferan kelompok phosfat, semua reaksi yang terkait dengan ATP dan setiap tahap yang berkaitan ;dengan replikasi dan transkripsi DNA serta translasi mRNA. Magnesium juga dibutuhkan untuk metabolisme energi sel dan ikut serta dalam stabilisasi membran, konduksi syaraf, transpot zat besi, dan aktifasi saluran kalsium.

STABILITAS PENYIMPANAN
Injeksi magnesium sulfat dan injeksi magnesium sulfat dalam dextrose 5% harus disimpan pada temperatur kurang dari 40C, sebaiknya pada temperatur diantara 15-300C. Hindari pembekuan. ;Magnesium sulfat berubah menjadi monohidrat bila dipanaskan pada temperatur antara 150 - 160C.

EFEK SAMPING
Biasanya dihubungkan dengan hipermagnesemia, mual, muntah, haus, flushing kulit, hipotensi, aritmia, koma, depresi nafas, ngantuk, bingung, hilang refleks tendon, lemah otot, kolik dan diare pada pemberian oral.

INTERAKSI OBAT
Barbiturat, opiat dan anestesi umum atau depresan syaraf pusat harus berhati-hati jika diberikan bersama sama magnesium sulfat sebab akan menambah efek depresan syaraf pusat. Terjadi blokade neuromuscular berlebih pada pasien yang diberikan ;magnesium sulfat secara parenteral dan neuromuscular blocking agent, oleh karena itu hati-hati bila diberikan bersamaan. ;Garam Magnesium harus diberikan dengan sangat hati-hati pada pasien yang diberi glikosida jantung.

PENGARUH ANAK
Pada pemberian magnesium sulfat secara parenteral pada ibu menyusui harus berhati-hati karena magnesium sulfat didistribusikan melalui air susu

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor resiko B (Tidak dapat disimpulkan aman pada wanita hamil trisemester pertama dan tidak terbukti berisiko pada trisemester selanjutnya). ;Tidak diketahui berbahaya pada penggunaan intravena jangka pendek pada eklamsia, namun dosis berlebih dapat menyebabkan depresi saluran nafas pada bayi baru lahir.

PENGARUH MENYUSUI
Pada pemberian magnesium sulfat secara parenteral pada ibu menyusui harus berhati-hati karena magnesium didistribusikan melalui air susu. Konsentrasi magnesium meningkat hanya untuk sekitar 24 jam setelah terapi magnesium sulfat dihentikan.

PARAMETER MONITORING
Bila diberikan secara intravena, monitor tekanan darah; monitor kadar magnesium dalam serum untuk menghindari overdosis/dosis berlebih; monitor terjadinya diare; ;pada pemberian IV secara cepat monitor kemungkinan terjadinya aritmia, amati pasien yang mengalami, hipotensi, depresi pernafasan dan saraf pusat.

BENTUK SEDIAAN
Cairan Injeksi

PERINGATAN
Hati-hati pada penderita kerusakan ginjal dan pasien yang mendapat pengobatan digitalis; pantau magnesium dan elektrolit lain; pada hipomagnesemia yang berat mula-mula diberikan melalui alat kontrol infus (lebih disukai syringe pump).

MEKANISME AKSI
Secara parenteral magnesium menurunkan asetilkolin pada ujung saraf motorik dan bekerja pada miokardium melalui perlambatan kecepatan pembentukan impuls S-A node dan perpanjangan waktu konduksi.