informasiobat.com

POVIDON YODIDA

NAMA GENERIK
Povidon Yodida

SUB KELAS TERAPI
Desinfektan dan antiseptik.

FARMAKOLOGI
Suatu bahan organik dari bahan aktif polivinil pirolidon yang merupakan kompleks iodine yang larut dalam air. Bekerja sebagai bakterisida yang juga membunuh spora, jamur, virus dan sporozoa.;Povidon iodin diabsorbsi secara sistemik sebagai iodin, jumlahnya tergantung konsentrasi, rute pemberian dan karakter kulit.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan terlindung dari cahaya.

KONTRA INDIKASI
Reaksi hipersensifitas terhadap yodium

EFEK SAMPING
Pada penggunaan untuk luka bakar yang luas dapat timbul metabolik asidosis. Juga dapat timbul sensitisasi walaupun jarang. ;Efek lokal : edema, iritasi, pruritus, rash.

BENTUK SEDIAAN
Obat Kumur, Krim, Cairan Pembersih Kulit, Salep

PERINGATAN
1. Hati-hati pemberian pada wanita hamil dan menyusui;2. Hati-hati bila digunakan untuk mengobati luka bakar yang luas ada kemungkinan terjadi absorbsi sistemik yang beresiko asidosis metabolic serta gangguan faal ginjal.

INFORMASI PASIEN
1. Cara pemakaian :;a. obat kumur :;Obat langsung dipakai untuk berkumur-kumur-kumur selama lebih kurang 30 menit.;Awas : jangan diminum/ditelan.;b. Pembersih kulit.;Basahilah kulit yang akan dibersihkan dengan air secukupnya, kemudian urapi dengan obat. Pijat-pijatlah selama kurang lebih 5 menit ambil disiram-siram dengan sedikit air. Kemudian cucilah dan bilas sampai bersih.;2. Segeralah ke dokter bila timbul bercak-bercak merah seperti terbakar,radang pada pangkal tenggorokan.;3. Disimpan pada temperatur kamar.;4. Jangan di minum/ditelan.;5. Jauhkan dari jangkauan anak;6. Adalah sangat berbahaya bila menggunakan obat tanpa resep dokter. Dalam keadaan dimana anda terpaksa harus menggunakan obat tanpa resep dokter, bacalah indikasi obat serta aturan pakai yang tertera pda label secara cermat. ;Ikutilah aturan pakainya secara tertib.

MEKANISME AKSI
Povidon iodin adalah germisidal spektrum luas yang aktif terhadap bakteri, jamur, protozoa dan spora.

{BOTTOM}