informasiobat.com

PRIMAKUIN

NAMA GENERIK
Primakuin

STRUKTUR KIMIA
C15H21N3O.2H3PO4

SIFAT FISIKOKIMIA
Serbuk kristal tidak berbau, berwarna oranye sampai merah, larut dalam air, praktis tidak larut dalam alkohol.

SUB KELAS TERAPI
Anti Infeksi

FARMAKOLOGI
Absorbsi: terabsorbsi dengan baik dalam gastrointestinal. Pada penggunaan oral konsentrasi puncak plasma tercapai dalam 6 jam, konsentrasi plasma secara umum dapat diabaikan setelah 24 jam. ;Distribusi: pada penggunaan oral primakuin terdistribusi secara luas dalam tubuh. ;Metabolisme: primakuin dimetabolisme secara cepat dalam hati menjadi karboksiprimakuin. ;Ekskresi: melalui urin (sejumlah kecil dalam bentuk utuh). Waktu paruh eliminasi: 3,7-9,6 jam

STABILITAS PENYIMPANAN
Tablet primakuin harus disimpan dalam wadah yang tertutup baik, tahan terhadap cahaya serta disimpan dalam suhu kurang dari 40C diutamakan antara suhu 15-30C.

KONTRA INDIKASI
Hipersensitifitas terhadap primakuin atau alkaloid sejenis, atau komponen lain dalam formulasi; pasien akut yang memiliki kecenderungan mengalami granulositopenia (arthritis rematoid, sindrom lupus erithematosus) ; ;pasien yang menggunakan obat lain yang mendepresi sumsum tulang jangan melampaui dosis yang dianjurkan (Contoh: kuinakrin bersama primakuine) serta pasien yang mendapatkan obat-obat yang potensial menyebabkan haemolisis

EFEK SAMPING
> 10%: ;Gastrointestinal: nyeri abdomen, mual, muntah serta kram perut ringan sampai sedang. Efek samping ini dapat berkurang jika primakuin diminum bersama makanan.;Hematologik: Anemia hemolitik;1%-10%: Hematologik: Methemoglobinemia.;< 1% (cukup penting dan mengancam jiwa): Agranulositosis , aritmia, leukositosis, leukopenia. ;Overdosis/Toksisitas : Simptom overdosis akut meliputi kram perut, muntah-muntah, sianosis, methemoglobinemia (berat), leukopenia, anemia hemolitik akut, dan granulositopenia. Overdosis kronik meliputi ototoksisitas dan retinopati. ;Terapi suportif dekontaminasi : Penggantian cairan, antikonvulsan, transfusi metilen blue jika methemoglobinemia parah, 1-2 mg/kg tiap beberapa menit)

INTERAKSI OBAT
Pengaruh Sitokrom P450: substrat CYP3A4, inhibisi CYP2D6, 3A4; Induksi CYP1A2. ;Peningkatan efek/toksisitas: meningkatkan toksisitas/ level kuinakrin oleh karena itu penggunaan primaquin bersama kuinakrin harus dihindari. Selain itu primakuin tidak boleh diberikan pada pasien yang baru saja menerima pengobatan kuinakrin.

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko : C;Keamanan penggunaan primakuin selama kehamilan belum diketahui. Tetapi diketahui bahwa terjadi perpindahan primakuin melalui plasenta yang dapat menyebabkan defisiensi G6PD pada fetus. ;Primaquin digunakan oleh wanita hamil hanya jika keamanannya lebih besar daripada resikonya terhadap janin. Para ahli menyarankan untuk profilaksis dan pengobatan kekambuhan penyakit malaria pada wanita hamil digunakan klorokuin sampai melahirkan.

PENGARUH MENYUSUI
Ekskresi di ASI belum diketahui

PARAMETER MONITORING
CBC secara periodik, warna urin, glukosa, elektrolit, jika diduga terjadi haemolisis: CBC, peripheral smear, urinalysis dipstick pada darah

BENTUK SEDIAAN
Tablet Primakuin (Sebagai Fosfat) 7,5 mg dan 15 mg

PERINGATAN
Sebaiknya hati-hati pada pasien dengan defisiensi G6PD, defisiensi NADH methemoglobin reduktase, pasien akut yang memiliki kecenderungan mengalami granulositopenia serta pada pasien yang menggunakan obat lain yang mendepresi sumsum tulang, ;pada pasien-pasien tersebut jangan melampaui dosis yang dianjurkan.

INFORMASI PASIEN
Sebelum menggunakan obat;Kondisi yang mempengaruhi penggunaan,khususnya hipersensitifitas terhadap primaquine,kehamilan (penggunaan tidak dianjurkan), obat lain (khususnya hemolitik lain dan quinajrin),masalah kesehatan lain (khususnya defisiensi G6PD). ;Kesesuaian penggunaan obat; Digunakan bersama makanan atau antasida untuk mengurangi iritasi lambung. Pemahaman kepatuhan terhadap terapi. Kesesuaian dosis, bila lupa minum obat maka diminum sesegera mungkin, jangan diminum ;bila telah mendekati pemberian dosis selanjutnya, jangan menggandakan dosis. Kesesuaian penyimpanan obat. Perhatian selama menggunakan obat ini; kunjungan berkala ke dokter untuk mengetahui perkembangan terapi.

MEKANISME AKSI
Mengeliminasi primary tissue bentuk exoerythrocytic dari P. Falciparum, merusak mitokondria dan mengikat DNA

MONITORING
Determinasi hitung sel darah dan hemoglobin (disarankan pada interval tiap minggu selama terapi pada pasien dengan defisiensi G6PD, sejak anemia, methemoglobinemia dan leukopenia dilaporkan terjadi setelah pemberian primakuin dosis besar,;leukositosis ringan juga dilaporkan terjadi. Pemberian primakuin harus segera dihentikan bila terjadi penurunan secara drastis konsentrasi hemoglobin, jumlah eritrosit maupun leukosit). Determinasi Glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD) ;(perlu perhatian khusus, khususnya pada Caucasians of Mediterranean origin, Blacks, Asians, dan Orientals; jika defisiensi ditemukan, primakuin harus diberikan secara hati-hati karena efek hemolitik dapat meningkat.

{BOTTOM}