informasiobat.com

PROTAMIN SULFAT

NAMA GENERIK
Protamin Sulfat

NAMA KIMIA
Chlorpheniramine

STRUKTUR KIMIA
C16H19CIN2

KETERANGAN
Campuran yang dimurnikan dari peptida sederhana yang dihasilkan dari sperma atau testis dewasa ikan salmon terdiri dari arginin, prolin, serin dan valin.(FI IV dan AHFS 2005)

SUB KELAS TERAPI
Antidot dan Obat Lain untuk Keracunan

FARMAKOLOGI
Protamin sulfat yang merupakan basa kuat bertindak sebagai antagonis heparin dengan membentuk kompleks dengan heparin yang bersifat asam kuat dan membentuk garam yang stabil. Kompleks protamin-heparin tidak memiliki efek antikoagulan. ;Protamin sulfat memiliki efek antikoagulan lemah ketika diberikan tersendiri. Efek ini dikarenakan hambatan pembentukan dan aktivitas thromboplastin sehingga mencegah perubahan protrombin menjadi trombin.

STABILITAS PENYIMPANAN
Simpan dalam lemari pendingin, hindari pembekuan; stabil dalam suhu kamar selama 2 minggu

KONTRA INDIKASI
Hipersensitif terhadap protamin

EFEK SAMPING
Mual, muntah, muka merah, hipotensi, bradikardi, dispnea, reaksi hipersensitif (termasuk angiodema, anafilaksis) pernah dilaporkan

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor resiko C (Obat dapat diberikan hanya jika manfaat pemberian melebihi risiko yang dapat ditimbulkan terhadap janin)

PARAMETER MONITORING
Tes koagulasi, aPTT (activated partial thromboplastin time) atau ACT (activated coagulation time), monitor jantung dan tekanan darah dibutuhkan selama pemberian.

BENTUK SEDIAAN
Injeksi Intravena

PERINGATAN
Sensitif terhadap ikan, pasien laki-laki yang telah menjalani vasektomi atau infertil, pasien yang telah menerima insulin yang mengandung protamin sulfat atau yang telah diberikan terapi protamin sulfat.

MEKANISME AKSI
Kombinasi dengan heparin yang bersifat asam kuat menbentuk kompleks yang stabil sehingga menetralkan aktivitas antikoagulan dari kedua obat tersebut.

{BOTTOM}