informasiobat.com

TESTOSTERON

NAMA GENERIK
Testosteron

NAMA KIMIA
17ßhydroxyandrost-4-en-3-one

STRUKTUR KIMIA
C19H28O2

SIFAT FISIKOKIMIA
Serbuk kristal putih, atau tidak berwarna sampai kekuning-kuningan.Praktis tidak larut dalam air dan minyak, larut baik di alkohol dan diklorometan.

SUB KELAS TERAPI
Antineoplastik, Imunosupresan dan obat untuk terapi paliatif

FARMAKOLOGI
Durasi: I.M.: Sipionat dan ester enantat mempunyai durasi paling panjang, < 2-4 minggu.;Absorpsi: Transdermal gel: ~ 10% dari dosis yang digunakan.;Distribusi: Melewati plasenta, memasuki kelenjar susu.;Ikatan protein: 98%, berikatan dengan hormon-ikatan globulin (40%) dan albumin.;Metabolisme: Hati, dalam bentuk metabolit, termasuk dihidritestosteron (DHT) dan estradiol.;T˝ eliminasi: 10-100 menit.;Ekskresi : Urin (90%), feses (6%).

STABILITAS PENYIMPANAN
Disimpan dalam suhu kamar, jangan dikeluarkan dari wadah, panas berlebihan akan menyebabkan sediaan menjadi rusak.

KONTRA INDIKASI
Hipersensitifitas testosteron dan komponen lain dalam sediaan, pria dengan karsinoma payudara/prostat, wanita hamil atau akan hamil.

EFEK SAMPING
Kardiovaskular: Flushing, edema;SSP: Eksitasi, agresif, mengantuk, ansietas, depresi mental, sakit kepala.;Dermatologi: Jerawat, hirsutism.;Endokrin dan metabolik: Problem menstruasi (amenorrhea), virilism, payudara menyempit, ginekomastia, hiperkalsemia, hipoglikemia.;GI: mual, muntah, iritasi lambung.;Setelah pemberian melalui bukal: rasa pahit,edema , iritasi mulut, keadaan tidak normal pada perilaku seksual.;Genital: Pendarahan, epedidimitis, impoten, priapism, prostatik, karsinoma, hiperplasia prostia,atropi testikuler, perbaikan urinasi.;Hati: Disfungsi hati, hepatitis kolestatik, nekrosis hepatik.;Hematologi: Leukopenia, polisitemia, supresi faktor pembekuan;Miscellaneous: Reaksi hipersensitifitas.

INTERAKSI MAKANAN
St.John’s wort menurunkan level testosteron

INTERAKSI OBAT
Efek pada Sitokrom P450: Substrat (minor) dari CYP2B6, 2C8/9, 2C19, 3A4 menghambat CYP3A4 (lemah).;Efek meningkatkan/Toksisitas: Testosteron meningkatkan efek warfarin.

PENGARUH HASIL LAB
Terjadi peningkatan kreatinin dan ekskresi kreatinin dan peningkatan ekskresi 17 ketosteroid, tes fungsi tiroid.

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko : X

PENGARUH MENYUSUI
Testosteron dikontraindikasikan pada ibu menyusui.

PARAMETER MONITORING
Fungsi liver secara periodik, kolesterol, hemaglobin, hematokrit, tes radiologi pada pergelangan tangan dan tangan setiap 6 bulan (penggunaan pada anak sebelum pubertal). Periksa kadar serum testosteron setelah terapi.

BENTUK SEDIAAN
Kapsul, Injeksi, Topikal, Mucoadhesive, Pellet, Transdermal

PERINGATAN
Untuk terapi terlambatnya pubertas pada pria, lakukan tes radiograpik dari tangan dan pergelangan tangan setiap 6 bulan untuk memastikan maturasi tulang. Hal ini menyebabkan hiperkalsemia pada pergerakan terbatas. ;Hal ini juga mengakselerasi maturasi tulang tanpa menghasilkan pertumbuhan linear,menyebabkan aktifitas anabolik dan androgenik, anabolik bisa menggantikan hipoglikemia. ;Gunakan dengan perhatian pada remaja dengan faktor demografik yang dapat menyebabkan karsinoma prostat. Menyebabkan retensi air (penyakit kardiovaskular atau edema kondesi). ;Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan penyakit hepatik serius (hepatitis, hepatik neoplasma, kolestasis hepatitis, jaundice). Potensial apnea tidur pada pasien pria (obesitas dan paru kronik). ;Transdermal bisa mengandung logam konduksi, lepaskan sediaan transermal jika ingin menggunakan MRI. Gel dan bukal tidak pernah dievaluasi pada pria < 18 tahun, efikasi dan keamanan injeksi tidak diketahui pada pria <12 tahun

MEKANISME AKSI
Androgen endogen bertanggung jawab terhadap pertumbuhan dan perkembangan organ seks pria dan mempertahankan karakteristik seks sekunder pada pria yang mengalami defisiensi androgen.

{BOTTOM}