informasiobat.com

VAKSIN BCG KERING

NAMA GENERIK
Vaksin BCG Kering

NAMA KIMIA
Bacillus Calmette-Guérin Vaccine, Vacunas BCG.

SIFAT FISIKOKIMIA
Vaksin ini adalah vaksin bentuk beku kering yang mengandung Mycobacterium bovis hidup yang sudah dilemahkan (Bacillus Calmette Guerin = BCG) dari strain Paris No. 1173-P2.

SUB KELAS TERAPI
Obat yang Mempengaruhi Sistem Imun

FARMAKOLOGI
Mekanisme menginduksi kekebalan aktif terhadap tuberkulosis tidak diketahui; ;mungkin melibatkan stimulasi sistem retikuloendotelial untuk membentuk makrofag-makrofag dan sel-sel teraktivasi lainnya yang mencegah multiplikasi Mycobacterium tuberculosis. ;Dalam sistemik, vaksin hidup BCG menginduksi kekebalan yang diperantarai oleh sel untuk melawan tuberkulosis. Mekanisme kerjanya tidak diketahui dan tidak jelas apakah BCG menginduksi antibodi antituberkular. (3)

STABILITAS PENYIMPANAN
Vaksin harus disimpan pada suhu 2°-8°C. Lebih baik dalam freezer. Pengangkutan dalam keadaan dingin (2-8°C) dan terhindar dari sinar matahari langsung /tidak langsung;Daluarsa : 1 Tahun;Catatan :;Vaksin yang sudah dilarutkan :;1. Harus dipakai dalam waktu 3 jam dan selama waktu tersebut vaksin harus dalam keadaan dingin (2-8°C), jangan disimpan dalam freezer.;2. Setelah 3 jam, bila ada sisa jangan dipakai lagi (2)

KONTRA INDIKASI
Adanya penyakit kulit yang berat/menahun seperti eksim, furunkulosis dan sebagainya, serta mereka yang menderita TBC.

EFEK SAMPING
Imunisasi BCG tidak menyebabkan reaksi yang bersifat umum seperti demam.;Satu hingga dua minggu kemudian timbul indurasi dan eritema di tempat suntikan yang berubah menjadi pustula, kemudian pecah menjadi ulkus. Luka ini tidak memerlukan pengobatan, akan sembuh secara spontan dan meninggalkan tanda parut.;Kadang-kadang terjadi pembesaran kelenjar regional di ketiak dan/atau leher, terasa padat, tidak sakit dan tidak menimbulkan demam. Reaksi ini normal, tidak memerlukan pengobatan, dan akan menghilang dengan sendirinya.;Sekalipun sangat jarang, karena dosis berlebihan atau suntikan terlalu dalam (subkutan), pada bayi<1 tahun kadang-kadang dapat terjadi limfadenitis supuratif. Proses ini bersifat tenang dan akan sembuh spontan sekalipun tanpa pengobatan.

INTERAKSI OBAT
Pemberian bersama dengan isoniazid akan menginaktifkan BCG; vaksinasi ditunda sampai profilaksis dengan isoniazid selesai.;Vaksin-vaksin hidup, seperti vaksin yellow fever, diberikan pada hari yang sama atau tidak kurang dari 4 minggu dari pemberian vaksin BCG.

PENGARUH ANAK
Imunisasi primer rutin pada infant, termasuk penggunaan vaksin hidup poliomielitis, tidak perlu ditunda.

PENGARUH KEHAMILAN
Kategori kehamilan C. (3);Merupakan vaksin hidup, hindari penggunaan pada wanita hamil, kecuali manfaatnya melebihi risikonya.

PENGARUH MENYUSUI
Tidak ada penelitian yang adekuat. Keputusan vaksinasi seharusnya mempertimbangkan risiko dan manfaat vaksinasi pada ibu.

BENTUK SEDIAAN
Vaksin Baku Kering ini Tersedia Dalam kemasan Ampul Dengan 4 ml Pelarut Dalam Ampul

PERINGATAN
Vaksin BCG dapat diberikan dengan vaksin-vaksin hidup lainnya, tetapi bila vaksin-vaksin itu tidak diberikan pada waktu yang sama, disarankan interval 4 minggu antarpemberian meskipun interval ini dapat dikurangi menjadi 10 hari bila benar-benar perlu.;Vaksinasi lain tidak boleh diberikan pada lengan yg digunakan untuk vaksinasi BCG selama minimal 3 bulan karena risiko limfadenitis.;Karena risiko penyebaran infeksi,di Inggris disarankan vaksin BCG tidak seharusnya diberikan pd pasien immunocompromised,termasuk penderita infeksi HIV. ;Akan tetapi, WHO menyarankan imunisasi anak-anak penderita HIV asimptomatik bila risiko TBC tinggi. Pada pasien dengan eksema, vaksin BCG sebaiknya diberikan pada tempat yang bebas dari lesi.;Vaksin BCG tidak seharusnya diberikan pada pasien yang menerima terapi antimikroba.

INFORMASI PASIEN
Vaksin BCG seharusnya tidak digunakan bila sistem imun pasien sedang lemah akibat obat-obatan atau penyakit lain.;Vaksin ini seharusnya tidak digunakan bila pasien sedang demam (kecuali bila dokter mengetahui penyebab demamnya) atau bila pasien menderita infeksi kandung kemih.;Vaksin ini mungkin tidak dapat diberikan kepada pasien yang menderita tuberkulosis aktif atau urinnya mengandung darah.;Terbentuk bengkak kecil berwarna merah yang kemudian membentuk ulser dalam waktu sekitar 2-3 minggu.;Ulser akan sembuh dengan bekas luka kecil setelah beberapa minggu. Pasien juga dapat mengalami pembengkakan dan rasa sakit pada lengan bagian bawah.

MEKANISME AKSI
Mekanisme menginduksi kekebalan aktif terhadap tuberkulosis tidak diketahui; ;Mungkin melibatkan stimulasi sistem retikuloendotelial untuk membentuk makrofag-makrofag dan sel-sel teraktivasi lainnya yang mencegah multiplikasi Mycobacterium tuberculosis.;Dalam sistemik, vaksin hidup BCG menginduksi kekebalan yang diperantarai oleh sel untuk melawan tuberkulosis. Mekanisme kerjanya tidak diketahui dan tidak jelas apakah BCG menginduksi antibodi antituberkular.

MONITORING
Cara vaksinasi, efek vaksinasi.

{BOTTOM}