informasiobat.com

VAKSIN CAMPAK KERING (MEASLES VACCINE - FREEZE DRIED)

NAMA GENERIK
Vaksin Campak Kering (Measles Vaccine - Freeze Dried)

KETERANGAN
Vaksin campak merupakan vaksin virus hidup yang dilemahkan. ;Setiap dosis (0,5 ml) mengandung tidak kurang dari 1000 infective unit virus strain CAM 70, dan tidak lebih dari 100 mcg residu Kanamycin dan 30 mcg residu Erythromycin. ;Vaksin ini telah memenuhi persyaratan WHO untuk vaksin campak.

SIFAT FISIKOKIMIA
Vaksin ini berbentuk vaksin beku kering yang harus dilarutkan hanya dengan pelarut steril yang tersedia secara terpisah untuk tujuan tersebut.

SUB KELAS TERAPI
Obat yang Mempengaruhi Sistem Imun

STABILITAS PENYIMPANAN
Vaksin campak beku-kering harus disimpan pada suhu di bawah 8C (kalau memungkinkan di bawah 0C) sampai ketika vaksin akan digunakan. Tingkat stabilitas akan lebih baik jika vaksin (bukan pelarut) disimpan pada suhu -20C. ;Pelarut tidak boleh dibekukan tetapi disimpan pada kondisi sejuk sampai dengan ketika akan digunakan. Vaksin harus terlindung dari sinar matahari. ;Daluwarsa 2 tahun.;Vaksin yang telah dilarutkan hanya dapat digunakan pada hari itu juga (maksimum untuk 8 jam) dan itupun berlaku hanya jika vaksin selama waktu tersebut disimpan pada suhu 2-8C, serta terlindung dari sinar matahari

KONTRA INDIKASI
Individu yang alergi berat terhadap Kanamycin dan Erithromycin.;Individu pengidap virus HIV (Human Immunodefficiency Virus) dan pengidap penyakit immune deficiency atau individu yang diduga menderita gangguan respon imun karena leukimia, lymphoma atau generalized malignancy;Wanita hamil.

EFEK SAMPING
Demam ringan, kemerahan selama 3 hari yang dapat terjadi pada 8-12 hari setelah vaksinasi, encephalitis (jarang terjadi, 1:1 juta), thrombocytopenia.;Diare, sakit kepala.

INTERAKSI OBAT
Vaksin campak tetap aman dan efektif jika diberikan bersamaan dengan vaksin-vaksin DT, Td, TT, BCG, Polio (OPV dan IPV), Hepatitis B dan Yellow Fever.;Obat-obat imunosupresan (kortikotropin, kortikosteroid, alkylating agents, antimetabolites, terapi radiasi) : mengurangi respon terhadap vaksin campak;Imunoglobulin dan produk-produk darah (whole blood, packed red blood cells, plasma) : mengganggu respon imun terhadap vaksin campak.

PENGARUH ANAK
Keamanan dan efektivitas pada bayi di bawah usia 6 bulan belum diketahui.

PENGARUH HASIL LAB
Mempengaruhi tuberculin skin sensitivity test, sehingga sebaiknya test dilakukan 4-6 minggu setelah pemberian vaksin.

PENGARUH KEHAMILAN
Kategori C.;Oleh karena efek vaksin virus campak hidup terhadap janin belum diketahui, maka wanita hamil termasuk kontraindikasi.;Kehamilan sebaiknya juga dihindari selama 28 hari setelah vaksinasi (rekomendasi Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP)) atau 3 bulan setelah vaksinasi (rekomendasi produsen vaksin).

PENGARUH MENYUSUI
Risiko pada bayi minimal.;Tidak tersedia data penggunaan pada manusia, namun vaksin dapat digunakan selama masa menyusui.

BENTUK SEDIAAN
Vial 10 dosis + 5 ml Pelarut dalam Ampul

PERINGATAN
Walaupun berlawanan, penting untuk mengimunisasi anak yang mengalami malnutrisi.;Bagaimanapun penderita HIV, baik yang disertai gejala ataupun tanpa gejala harus dimunisasi vaksin campak sesuai jadwal yang ditentukan.;Tuberkulosis aktif yang tidak dirawat; vaksinasi ditunda minimal 3 bulan setelah transfusi darah atau plasma, atau setelah pemberian imunoglobulin; hipersensitif terhadap telur; thrombocytopenia.;Vaksin campak pada umumnya tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 1 tahun dimana antibodi maternal akan menghalangi munculnya respon, tetapi jika risiko terhadap campak tinggi, vaksin dapat diberikan.

MEKANISME AKSI
Meningkatkan imunitas terhadap virus campak (rubeola) dengan menginduksi produksi measles-specific IgG and IgM antibodies.

{BOTTOM}