informasiobat.com

VAKSIN RABIES KERING UNTUK MANUSIA (OTAK BAYI MENCIT - LYOPHILIZED RABIES VACCINE FOR HUMAN SUCKLING

NAMA GENERIK
Vaksin Rabies Kering Untuk Manusia (Otak Bayi Mencit - Lyophilized Rabies Vaccine for Human Suckling

NAMA KIMIA
Vaksin Rabies Kering untuk Manusia (Otak Bayi Mencit) = Lyophilized Rabies Vaccine for Human (Suckling Mice Brain)

KETERANGAN
Potensinya tidak boleh kurang dari 2.5 International Units per dosis.

SIFAT FISIKOKIMIA
Vaksin ini merupakan vaksin beku kering yang terbuat dari 2% suspensi otak bayi tikus yang telah diinokulasi dengan bibit virus Rabies Strain IP11 Pasteur.;Virus diinaktivasi dengan beta-propilakton dan mengandung laktosa sebagai stabilisator.

SUB KELAS TERAPI
Obat yang Mempengaruhi Sistem Imun

FARMAKOLOGI
Distribusi (3) : tidak diketahui apakah vaksin rabies menembus plasenta atau didistribusikan ke dalam ASI.;Eliminasi (3) : disposisi akhir antigen rabies dan antibodi rabies setelah pemberian vaksin rabies secara intramuskuler, belum ditentukan.

STABILITAS PENYIMPANAN
Disimpan pada suhu 2-8C, terlindung dari cahaya.;Daluwarsa 18 bulan.

KONTRA INDIKASI
Sebelum digigit : hipersensitif terhadap processed bovine gelatin, chicken protein, neomycin, chlortetracycline dan amphotericin B dalam jumlah sedikit. ;Setelah digigit : tidak ada kontra indikasi yang spesifik.

EFEK SAMPING
Dapat terjadi reaksi lokal yang tidak berarti, seperti kemerahan, rasa gatal dan pembengkakan, yang akan hilang dengan antihistamin.

INTERAKSI OBAT
Obat-obat imunosupresan (kortikosteroid, terapi radiasi) : dapat mengganggu respon antibodi aktif terhadap vaksin rabies, oleh karena itu sebaiknya dihindari selama pemberian imunisasi setelah digigit.;Chloroquine : menurunkan respon antibodi.

PENGARUH KEHAMILAN
Kategori C.;Dapat diberikan, namun perlu dipertimbangkan jika manfaat bagi ibu lebih besar daripada bahaya pada janin.

PENGARUH MENYUSUI
Risiko pada bayi minimal.;Tidak diketahui mengenai distribusi vaksin ke dalam ASI. US Central for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa tidak ada efek samping yang tidak lazim, yang muncul pada pemberian terhadap ibu menyusui.

BENTUK SEDIAAN
1 dus Untuk Imunisasi Dasar Terdiri Atas 7 ampul @ 1 dosis Subkutan + 7 Ampul Pelarut @ 2 ml;1 dus Booster Terdiri Atas 5 Ampul @ 1 dosis Intrakutan + 5 Ampul Pelarut @ 0,4 ml

PERINGATAN
Sekali dimulai, profilaksis terhadap rabies tidak boleh dihentikan meskipun terjadi reaksi lokal atau sistemik yang ringan. Efek / reaksi tersebut biasanya dapat diatasi dengan NSAID atau obat antipiretik.;Jika terjadi reaksi sistemik yang serius, anafilaktik atau reaksi neurologik, risiko terhadap rabies harus dipertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk menghentikan vaksin rabies

MEKANISME AKSI
Vaksin rabies menstimulasi produksi antibodi rabies. Bukti-bukti menunjukkan bahwa antibodi rabies menetralkan virus rabies sehingga penyebaran virus dan infeksi atau sifat patogeniknya dihambat.

{BOTTOM}