informasiobat.com

VEKURONIUM

NAMA GENERIK
Vekuronium

NAMA KIMIA
1-3(3alfa,17-Diacetoxy-2piperidino-5a androstan-16 -yl)-1-methylpiperidium

STRUKTUR KIMIA
C34H57BrN2O4

SUB KELAS TERAPI
Relaksan Otot Perifer dan Penghambat Kolinesterase

NAMA DAGANG
Norcuron

INDIKASI
Relaksan otot untuk jangka pendek sampai sedang.

FARMAKOLOGI
Dengan dosis biasa onsetnya kurang lebih 1-3 menit dan berakhir 20-30 menit.Juga dapat menghindari efek kardiovaskular. Vecuronium bromida memiliki aktivitas dengan melepaskan histamin meskipun reaksi lokal pada lokasi injeksi telah dilaporkan.;Bronkospasma dan reaksi anafilaktoid juga telah dilaporkan.Dan ini tentu mengarah pada aktivitas vekuronium dosis tinggi tidak menghasilkan efek samping pada vaskular. Perhatian dibutuhkan pada pasien penderita hepatitis dan gangguan ginjal.;Penyesuaian dosis juga dibutuhkan pada bayi dan pada pasien gagal ginjal. Pemberian vekuronium secara intravena akan didistribusikan dengan cepat. Dimetabolisme juga oleh otot liver dan metabolit itu merupakan penghambat neuromuscular.

STABILITAS PENYIMPANAN
Penyimpanan : Pada temperatur (15 25)C dalam wadah kedap udara dan jauhkan dari cahaya.

KONTRA INDIKASI
Pasien hipersensitif terhadap vekuronium dan komponen lain dalam sediaan.

EFEK SAMPING
Bradikardia, kolaps sirkulasi, edema, kemerah-merahan, reaksi hipersensitif, hipotensi, gatal-gatal, rash, takikardia, quadriplegik akut, sindrom miopati, myositis (pada penggunaan jangka panjang).

INTERAKSI OBAT
Efek vekuronium meningkat dengan adanya aminoglikosida, beta bloker, klindamisin, calcium channel bloker, anestesi halogen, imipenem, ketamin, lidokain, diuretik loop (furosemid), makrolida, magnesium sulfat, ;prokainamida, kuinidin, kuinolon, tetrasiklin dan vankomisin.

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko : C ;Obat harus dihindari atau digunakan dengan hati-hati dalam kehamilan karena dengan pemberian dosis tinggi dapat menyebabkan miastenia gravis pada bayi

PENGARUH MENYUSUI
Distribusi venkuronium pada air susu tidak diketahui, gunakan dengan perhatian.

PARAMETER MONITORING
Tekanan darah, denyut jantung

BENTUK SEDIAAN
Injeksi 4 mg/ml

PERINGATAN
Perhatian dibutuhkan pada pasien penderita hepatitis dan gangguan ginjal. Penyesuaian dosis juga dibutuhkan pada ibu hamil, bayi dan pada pasien gagal ginjal

INFORMASI PASIEN
Pemakaian terbatas untuk kasus tertentu.;Perlu sarana dan keahlian khusus.;Mengingat pemberian obat ini dilakukan melalui /oleh dokter anestesi, maka informasi tidak langsung diberikan pada pasien.

MEKANISME AKSI
Mencegah terikatnya asetilkolin pada reseptor pada motor endplate, menghambat depolarisasi